Fakta Fakta Yang Berhubungan Dengan Tiket Kereta Api Mudik 2019


Sejak hari Senin tanggal 25 Februari 2019, PT KAI (Persero) telah membuka pelayanan pemesanan tiket sebagai persiapan untuk mudik lebaran 2019. Hal tersebut memang dibenarkan oleh Direktur Utama PT KAI yaitu Edi Sukmoro pada hari minggu tanggal 24 Februari 2019. PT KAI selama angkutan lebaran 2019 akan mengoperasikan kereta api regular sebanyak 356 buah dan juga akan disiapkannya kereta api tambahan sebanyak 50 buah. Jika dibandingkan tahun yang sebelumnya, jumlah ini naik sekitar 3 % yang menyiapkan kereta api sebanyak 393 buah. Layanan pemesan tiket yang dilakukan pada H-90 ini pastinya pastinya merupakan antisipasi dari melonjaknya minat penumpang pada saat akan musim mudik lebaran 2019.

Berikut fakta fakta yang berhubungan dengan Tiket Kereta Api Lebaran 2019 diantaranya yaitu :

  • Sudah Bisa Dipesan Sejak Tanggal 25 Februari 2019

Tiket kereta api untuk mudik lebaran ini sudah bisa dipesan oleh masyarakat sejak Senin tanggal 25 Februari 2019. Edi Sukmoro mengatakan jika tiket sudah bisa didapatkan di semua channel dan akan lebih baik lagi jika para calon penumpang tersebut memesannya di KAI Access.

  • Puncak Arus Mudik Lebaran 2019 Diprediksikan Akan Terjadi Pada 29 Mei 2019

Puncak arus mudik lebaran tahun 2019 diprediksikan oleh KAI akan jatuh pada tanggal 29 Mei 2019 atau sekitar H-7 lebaran. Bisa munculnya prediksi ini setelah melihat jadwal hari libur nasional dan cuti bersama yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Sedangkan untuk arus baliknya Edi Sukmoro memprediksikan akan terjadi pada tanggal 9 Juni 2019 atau H+3.

Nantinya PT KAI ini akan mendirikan posko mudik lebaran pada setiap stasiun, dimana adanya posko tersebut diharapkan akan dapat membantu para penumpang yang akan mudik lebaran. Posko akan mulai dibuka sejak H-10 hingga H+10 lebaran, dan akan adanya 11.000 personel sebagai kekuatan pengamanan.

  • Channel Resmi Pembelian Tiket Mudik

Kamu bisa melakukan pembelian tiket KA mudik lebaran ini baik secara online ataupun offline. Jika akan memesan secara offline maka para calon penumpang bisa langsung membelinya di loket stasiun, vending machine, ataupun di mini market. Tetapi jika kamu akan membelinya secara online maka bisa mengakses melalui situs resmi PT KAI misalnya saja di Misteraladin.com.

Didalam setiap harinya PT KAI akan menjual tiket mudik lebaran 2019 sebanyak 247.010. Supaya terhindari dari terkena penipuan atau dikenakan biaya jasa yang tidak wajar, maka sebaiknya membeli tiket KA nya di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI seperti di Mister Aladin misalnya.

  • Tata Cara Pembelian Tiket Kereta Api Secara Online

Bagi mereka calon penumpang yang akan memesan tiket KA melalui laman resmi PT KAI maka mereka tinggal menentukan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan juga jumlah penumpang melalui situs tersebut. Para calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat mereka bayar melalui ATM ataupun Mini Market. Kemudian pembayaran calon penumpang ini akan dikirimkan melalui e-mail.

Bagi para pemudik PT KAI akan menerapkan batasan bagasi gratis kepada para pemudik dan juga adanya beberapa aturan terkait dengan besaran muatan. Sehingga para penumpang diharapkan hanya membawa barang secukupnya demi kenyamanan. Dan barang bawaan yang dibawa maksimalnya terdiri dari 4 koli atau item bagasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *