Kamu Akan Terkejut Dengan Beberapa Mitos Linux Yang Salah Berikut Ini

Dibandingkan dengan beberapa sistem operasi popular seperti windows dan macos, linux sebenarnya memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi popular tersebut. Namun, meskipun begitu pengguna linux masih sangat sedikit. Terdapat banyak sekali penyebab yang menjadi alasan kenapa linux belum bisa menjadi pilihaan sistem operasi bagi kebanyakan orang. Mungkin salah satu penyebabnya adalah beredarnya mitos linux yang sebenarnya tidak benar. Karena mitos tersebut sering kita dengarkan, maka yang terjadi adalah mitos linux dianggap benar-benar fakta. Mitos apa saja sih yang sebenarnya salah, berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Linux hanya berbasis Command Line

Mitos linux pertama yang sering kita dengar adalah linux tidak bisa dipisahkan dengan command line. Hal tersebut memang benar, terlebih lagi jika linux digunakan sebagai server. Tetapi command line tidak harus digunakan jika kamu menggunakannya sebagai desktop. Banyak kok distro linux yang memberikan GUI guna mempermudah penggunaan linux. Distro-distro tersebut memberikan kemudahan penggunaan linux sama seperti menggunakan sistem operasi windows/macos.

  1. Hanya seorang programmer atau ahli komputer yang bisa menggunakan linux

Jika kamu masih beranggapan bahwa linux adalah sistem operasi yang hanya bisa digunakan oleh seorang ahli dibidang komputer. Maka bisa dipastikan anggapan kamu salah besar. Pasalnya linux tidak dibuat khusus untuk seorang yang ahli komputer saja. Siapapun bisa menggunakannya. Banyak sekali distro linux yang mengeluarkan linux yang memiliki GUI layaknya windwos, sehingga kamu yang terbiasa menggunakan sistem operasi windows akan sangat mudah menggunakan linux. Salah satu distro tersebut adalah Ubuntu, linux min dan masih banyak lagi.

  1. Linux tidak support atau kompatibel dengan file di windows

Mitos linux yang ini tidak sepenuhnya benar loh teman-teman. Pasalnya hampir sebagian besar file yang bisa dibuka diwindows juga bisa dibuka dilinux, seperti contohnya file gambar, audio, video, teks dan lain sebagainya. Namun software atau aplikasi yang digunakan untuk membuka file-file tersebut yang terkadang memiliki nama yang berbeda. Seperti contohnya kita bisa membuat design menggunakan coreldraw diwindows, dilinux juga kita bisa membuat design yang sama dengan nama aplikasi inkscape. Seperti yang saya katakan, hanya sebagian besar saja. Jadi memang ada beberapa file diwindows yang tidak bisa dibuka dilinux, tapi sangat sedikit sekali jumlahnya.

Sebagian besar mitos linux yang sering kita dengar adalah salah. Dengan adanya artikel ini semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan tambahan terkait linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *