Perbandingan Antara VIVO V9 dan Y83

Diluncurkan dalam waktu yang berdekatan hanya berselang dua bulan, VIVO Y83 dan V9 sama-sama mengusung “poni” atau notch di tepi atas layar. Jika dibandingkan antara VIVO V9 dan Y83 mana menurut Anda yang akan lebih unggul?. Sebelumnya perlu diketahui bahwa VIVO Y83 dan V9 sama-sama menawarkan layar FullView Display dengan aspek rasio 19:9. Rasio ini membuat tampilan lebih luas dari rasio standar Hp 16:9, selain itu bingkai tipisnya membuat Anda ketika bermain game baik di V( maupun Y83 ini lebih asyik, begitupun ketika menikmati konten multimedia seperti video. Selain itu, keduanya mengusung fingerprint dan didukung oleh baterai berkapasitas 3.260 mAh. Dari segi desain, keduanya pun identik hanya saja memiliki dimensi yang berbeda.

Tidak sampai disitu saja, dari segi layar keduanya meiliki perbedaan. Untuk VIVO Y83 memiliki layar dengan 6.22 inchi HD+, sedangkan Vivo V9 menawarkan ukuran layar dengan 6.3 inchi FHD+. Karena memiliki layar yang identik, hal ini berdampak pada dimensi dari masing-masing handphone. VIVO Y83 memiliki ukuran 155,21 x 75.24 x 7.7 mm dengan berat 151 gram, beda dengan VIVO V9 yang memiliki dimensi 154.81 x 75.03 x 7.89 mm dengan berat 150 gram.

Pada sektor Dapur Pacu, kedua handphone keluaran VIVO Mobile ini pengadopsi prosesor yang berbeda. Untuk VIVO V9 sendiri mengandalkan chipset Snapdragon 450 CPU octa-core dari Qualcomm. Meski tidak ditampilkan di situs resmi VIVO Indonesia, berdasarkan GSM Arena dan VIVO Cina, Y83 mengusung prosesor MediaTek chipset Helio P22 dengan jumalah inti yang sama. Dari segi RAM dan ROM-nya, VIVO V9 membawa kombinasi 4 GB/64 GB, sedangkan untuk Y83 cukup dengan 4 GB/32 GB. Meski berbeda di storage internal yang ditawarkan, keduanya hadir dengan slot microSD dengan dukungan sama mencapai 256 GB, dan kedua perangkat ini berjalan di FunTouch OS 4.0 berbasis Android 8.1 Oreo.

Perbedaan yang terkakhir dari kedua handphone keluaran VIVO Mobile ini adalah kamera. Untuk kamera, VIVO V9 ini unggul dengan kamera belakang ganda 12 MP + 2 MP yang masing-masing bukaan f/2.0 dan didukung flash dengan lensa selfie 24 MP bukaan f/2.0. lain halnya dengan Y83 yang dipersenjatai dengan lensa utama 13 MP dan belakang 8 MP masing-masing dengan bukaan f/2.0. meski berbeda dari segi kamera, Y83 tetapi membawa keunggulan teknologi dari V9, yakni teknologi Al Face Beauty. Fitur AL Face Beauty mampu mendeteksi jenis kelamin, usia, warna, dan tekstur kulit serta pencahayaan di lingkungan sekitarnya. Al Face Beauty juga bisa menyesuaikan setiap fitur wajah sehingga mendapatkan hasil dengan kecantikan yang alami.

Untuk harga jual VIVO V9 dan Y83 memang ada perbedaan, VIVO V9 ini dibandrol dengan harga Rp. 3.799 juta sedangkan untuk Y83 berada di harga Rp. 3.199 juta. Jika dilihat dari semua perbedaan dan perbandingan di atas maka bisa dilihat jika V9 lebih unggul daripada Y83, tetapi pengguna bisa memilih akan membeli produk VIVO dengan seri V9 ataupun Y83 sesuai dengan keperluan dan kebutuhan yang dimilikinya untuk sebuah smartphone. Seperti yang Anda ketahui bahwa V9 dan Y83 ini dipasarkan pada segmentasi yang berbeda sehingga tidak akan bersaing dipasaran secara tumpang tindih. Tentukan saja pilihan Anda mengenai smartphone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *